Training Motivasi Dapatkah Bertahan Lama?

Written by Ricky Boenardy
October 24th, 2010

(Kelanjutan dari Artikel ”Dapatkah Motivator memberikan training yang bertahan lama?”)

B. Sisi Perusahaan

5. Melatih hanya frontlines bukan semua pihak yang terkait

Training Motivasi hanya diberikan kepada para staff , tapi tidak diberikan kepada para leader sehingga peserta termotivasi sedangkan para leader masih dalam keadaan yang sama maka  akan ada perbedaan yang mencolok.

Dalam kasus ini para staff termotivasi tapi mereka sadar akan masuk ke dalam lingkungan yang membuat semangat mereka turun, atau kepemimpinan leader yang buruk membuat demotivasi itu sendiri.

Solusinya adalah melatih keduanya, baik terpisah ataupun digabung. Saran saya untuk pelatihan kepemimpinan diberikan kepada para leader atau calon leader, sedangkan untuk training motivasi atau sales sebaiknya disatukan dalam satu kelas.

6. Training selesai begitu saja tanpa ada evaluasi

Training Motivasi selesai, biasanya berlalu begitu saja tanpa adanya pembahasan sehingga hasilnya training dianggap sebagai angin lalu. Karena tidak adanya diskusi maka peserta semakin meremehkan pentingnya sebuah training.

Sedangkan kalau ada diskusi atau rapat yang membahas training, peserta pun semakin menghargai dan menganggap bahwa training adalah sesuatu yang penting (sehingga perlu diadakan meeting)

Saran saya adalah setelah training perlu diadakan review. Waktu pelaksanaannya  diadakan : 1×24 jam dan seminggu sekali setelah training. Idealnya  dibutuhkan perubahaan pemikiran yang terus menerus, sehingga menjadi kebiasaan yang diinginkan perusahaan.

7. Training diadakan tanpa persiapan matang

Perusahaan yang merencanakan Training Motivasi, sering melupakan untuk mempersiapkan trainer lebih awal (padahal trainer adalah salah satu faktor utama dalam training motivasi). Sehingga kadang-kadang kalimat seperti ini saya dengar, ”Pak Ricky kami mau Bapak berbicara besok lusa”.

Saya pun terkejut dan segala persiapan harus cepat diadakan, apa yang terjadi sehingga saya baru ditelepon sekarang, alasannya pun saya tidak tahu (apakah belum mendapat trainer, atau rencana mendadak untuk mengadakan training, dan lain sebagainya).

Sehingga semua persiapan harus dilakukan secara singkat dan terburu-buru juga, jadi TNA (Training Need Analysis), materi juga peralatan harus dilakukan secara singkat. Karena hal tersebut diatas, training kadang menjadi tidak tepat sasaran.

Seharusnya :

a. Mulailah mencari Trainer yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda.  Sehingga perusahaan anda mendapat Trainer yang tepat. Salah satu cara untuk mengetahui pembawaan seorang Motivator/Trainer dapat dilihat melalui Video pembawaan mereka yang biasanya di-upload di Youtube.com. Setelah itu baru disesuaikan dengan budget training.

Saran saya, walaupun budget terbatas tetaplah lihat kualitas trainer jangan kualitas dikorbankan. Begitu juga kalau budget berlimpah, tetaplah lihat kualitas trainer dengan mengikuti training mereka secara langsung atau melihat video training mereka. Karena nama besar (yang biasanya menghabiskan biaya yang cukup besar) bukan jaminan kualitas.

b. Pastikan Perusahaan anda telah mendapat Trainer minimal 2 minggu atau 1 bulan sebelum pelaksanaan acara. Sehingga Trainer dapat  melakukan TNA, membuat materi dan mempersiapkan hal-hal yang lain secara maksimal.

8.Training hanya 1 tahun sekali

Training Motivasi hanya dilaksanakan setahun sekali oleh perusahaan, tapi berharap daya tahannya berlangsung sepanjang tahun. Walaupun kesulitan, tantangan dan kompetisi yang dihadapi perusahaan datang bertubi-tubi juga berbeda-beda. Sepertinya tidak adil kalau dikatakan Motivator tidak bisa menjawab kebutuhan, karena untuk masalah yang berbeda dibutuhkan solusi dan pemikiran yang berbeda.

Seharusnya, seperti kata ZIG Ziglar Motivator No 1 di Amerika Serikat berkata ” Motivasi sama seperti mandi, pasti akan kotor lagi, tapi apakah kita berhenti untuk mandi?”. Begitu juga Motivasi pasti akan berkurang, tetapi apakah kita akan stop atau menyerah dalam hidup?”.

PASTINYA TIDAK.

Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna bagi  Anda dan perusahaan, dalam mengadakan training motivasi yang akan datang.

Tags: , , ,

Categories: Training Motivasi

Leave a Reply